Home » » Langkah-langkah Memulai Bisnis Online Bagi Pemula - Langkah Ketiga

Langkah-langkah Memulai Bisnis Online Bagi Pemula - Langkah Ketiga


Setelah website Anda jadi, Anda bisa mengisinya dengan informasi produk / jasa yang Anda miliki. Isi konten website Anda secara meyakinkan. Jangan asal copy paste, namun usahakan gunakan kata-kata yang memang pantas untuk Anda pasang di website. Karena ini akan menjadi sarana promosi dan kantor online Anda.

Setelah itu, jika konten website sudah tersedia, Anda bisa mulai mempromosikannya melalui search engine seperti Google, Yahoo, Bing dengan teknik SEO, ataupun memanfaatkan situs social media seperti Facebook, Twitter, Pinterest untuk promosi.

Bangun hubungan dengan para pengunjung, beri informasi yang mereka butuhkan. Mungkin mereka tidak langsung beli produk Anda, namun ketika mereka mendapatkan informasi yang dibutuhkan, maka kepercayaan mereka akan tumbuh, sehingga kemungkinan mereka membeli produk pada Anda akan semakin besar.

Nah, itulah gambaran besar tiga langkah bagaimana memulai bisnis online.
Kesimpulan: CTPM is the key.

C = Content, buat konten yang informatif dan sesuai target konsumen
T = Traffic, datangkan trafik melalui search engine / social media / getok tular
P = Pre-selling, bangun hubungan dengan para audience / pengunjung
M = Monetize, tawarkan solusi yang dibutuhkan oleh calon konsumen

Cari Mentor!

Buat Anda yang mau belajar lebih serius tentang bisnis online, saya sarankan untuk mencari mentor. Dia yang akan membimbing Anda dalam masa-masa awal membangun bisnis. 

Saya ada beberapa rekomendasi situs milik para mentor atau praktisi yang sudah berpengalaman dan insya Allah bagus untuk Anda mulai belajar bisnis online:

1. Cafebisnis
Diasuh oleh Lutvi Afandi, salah satu legenda internet marketing dan bisnis online di Indonesia. Materinya komplit, panduan A-Z urut dan rapi. Enak banget ngikutinnya.

2. Tutorial WordPress Bagi Pemula
Belajar membuat website bagi para pebisnis online menurut saya memang tidak wajib. Namun akan menjadi penting ketika kita ingin mengelola website secara baik dan benar. Teman saya Handoko Tantra sudah membuat panduan dalam bentuk video yang insya Allah mudah untuk diikuti.

3. Facebook Domination
Facebook merupakan salah satu social media yang memiliki jutaan pengguna. Artinya banyak pasar yang bisa digarap disana. Nah, Facebook Domination ini merupakan panduan berbisnis online lewat Facebook yang dikelola oleh Yusuf “Shembah Bravo Brokerpreneur”, salah satu pebisnis yang sudah berhasil memanfaatkan Facebook untuk membangun kerajaan bisnisnya. Sangat cocok bagi Anda yang juga ingin belajar memanfaatkan Facebook untuk jualan.

Setelah itu…..?

Sama seperti jenis bisnis lainnya.
Ketika Anda memutuskan untuk membangun bisnis online pastinya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.
Namun, dari semua hal tersebut, yang paling penting adalah mindset Anda.
Faktor penentu kesuksesan suatu bisnis, 95% ditentukan oleh kualitas pribadi manusia. Ini adalah hal-hal yang sifatnya non-teknis. Dan sisanya adalah yang sifatnya teknis.
Anda bisa saja mempunyai keahlian membuat suatu web yang canggih, dengan berbagai fitur dan tampilan yang keren.
Namun jika Anda tidak mempunyai visi terhadap kemampuan Anda, tidak mempunyai semangat untuk belajar dan bertahan, ya sama saja. Bisnis Anda akan segitu-segitu saja.
Usahakan supaya bisa lebih memberikan value added bagi orang-orang di sekitar Anda, bagi kebaikan sesama. Dengan begitu, Anda akan menemukan alasan mengapa Anda berbisnis online.
Bukankah tujuan utama kita berbisnis adalah supaya bisa melayani lebih banyak orang, dan lebih bermanfaat bagi sesama?
Oia, ada baiknya Anda juga membaca artikel tentang tips bisnis yang pernah saya tulis di blog ini.

Dan jika dirasa tips cara memulai bisnis online ini bermanfaat, bagikan kepada teman, saudara, bahkan pasangan Anda, dan terutama buat orang-orang yang sedang membutuhkan tambahan penghasilan supaya bisa segera take action untuk perubahan kehidupan yang lebih baik lagi.

like dan share tombol social media di bawah ini. Terima kasih.
Semoga kebaikan senantiasa menyertai Anda. Salam sukses! Semangat!

Download Apps

0 komentar:

Popular Post

Powered by Blogger.