Home » » Menambah Tabbed Menu di Notifikasi Android

Menambah Tabbed Menu di Notifikasi Android

Menambah Tabbed Menu di Notifikasi Android - Seminggu yang lalu saya off dari sosial media karena smartphone Android saya satu-satunya (Xperia X10 Mini) laku terjual dengan niat ingin upgrade ke yang lebih tinggi lagi. Sudah tahu belum?

Dari awal yang saya incar hanya satu. Yakni Xperia Mini ST15i. Nah itu kan smartphone jadul? Tidak juga. Alasan saya memilih hape tersebut selain murah (pas dengan ukuran kantong saya), tergolong Xperia 2011, dibekali processor 1GHz Snapdragon memori internal 380MB dan ram 410MB serta kamera 5MP berfitur HD rasanya sudah cukup lengkap untuk menggantikan X10 Mini yang isinya hanya alakadarnya saja.

Dan alhamdulillah sesuai target yang saya tetapkan sekitar empat sampai lima hari saya vakum untuk mencari Xperia Mini akhirnya dapet juga. Saya membeli Xperia Mini full set seharga 920 ribu.

Walaupun masih beberapa hari saya menggunakan smartphone tersebut tapi sudah lumayan banyak pengalaman yang saya dapat. Pas awal baru dapet, malem itu juga (sekitar pukul sembilan) saya tidak tidur hingga duhur hari berikutnya. Oprek sana oprek sini flashing kernel ganti rom ganti kernel Lupus, Kappa, XKernel, balik lagi ke stock, install ROM ini itu install Zelly Cream install Revolution ICS HD install tweaks ini itu dan sampai sekarang saya masih belum puas untuk melanjutkannya :D

Salah satu hal yang saya peroleh pada waktu ngoprek dan masih membuat bangga saya hingga sekarang yaitu Tabbed Menu di notifikasi Android. Seperti ini :

Menambah Tabbed Menu di Notifikasi Android

Menambah Tabbed Menu di Notifikasi Android

Menambah Tabbed Menu di Notifikasi Android

Menambah Tabbed Menu di Notifikasi Android

Menambah Tabbed Menu di Notifikasi Android

Emang kenapa kok saya bisa suka? Biasanya kalau bawaan ROM CyanogenMod hanya Slide Menu saja yang isinya toggle-toggle untuk mengaktifkan power. Namun berbeda dengan SystemUI buatan member XDA ber-nickname Serajr ini. Isinya lengkap diantaranya Recent notification, Toggle untuk menyalakan power berbentuk grid, Slider brightness contrast volume dan lain-lain, Drawer aplikasi (grid juga), dan satunya lagi Recent application. Keren gak tuh.

Biasanya tabbed menu seperti diatas sudah ada dihampir seluruh custom ROM Xperia 2011. Jadinya ya sudah pasaran sih emang.

Bagi yang tertarik untuk mencobanya, berikut cara Menambah Tabbed Menu di Notifikasi Android. Kita lakukan cara yang manualnya saja.

Pertama yang harus diperhatikan sebelum mencobanya, tutorial berikut hanya untuk smartphone Android versi ICS MDPI. Selain itu tidak bisa. Untuk yang HDPI sepertinya ada sendiri tutorialnya. Kedua, silahkan anda buat Nandroid Backup dulu siapa tahu nanti terjadi bootloop / error. Baca tutorial Cara Membuat Nandroid Backup.

Step by step :
  1. Download v10.1_Serajr_SystemUI.apk dan v10.1_Serajr_SystemUIPreferences.apk lalu pindah ke SD Card
  2. Rename keduanya, hilangkan kata v10.1_Serajr_ sehingga menjadi SystemUI.apk dan SystemUIPreferences.apk
  3. Pindah kedua file tersebut ke folder /system/app/ menggunakan Root Explorer (disarankan!) dan replace saja bila ada warning yang keluar
  4. Rubah permission kedua file tadi menjadi rw-r--r-- dengan cara menekan + menahannya kemudian geser kebawah, pilih Permissions. Perhatikan gambar dibawah nanti
  5. Setelah selesai, barulah anda bisa mereboot perangkat anda
Menambah Tabbed Menu di Notifikasi Android

Kalau berhasil bisa langsung anda lihat nanti dibagian menu notifikasi Android anda :)

Tutorial diatas sudah saya test di Xperia Mini ST15i dan berhasil dengan sangat lancar.

Bila ada kendala, silahkan ditanyakan.
 
Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.

0 komentar:

Popular Post

Powered by Blogger.