Home » » Penyebab Dan Solusi Android Mencet Sendiri Ketika di Charge

Penyebab Dan Solusi Android Mencet Sendiri Ketika di Charge

Penyebab Dan Solusi Android Mencet Sendiri Ketika di Charge - Dulu saya pernah mengalami kejadian seperti ini ketika saya masih menggunakan Xperia X8. Kala itu saya masih prakerin di Gresik selama 3 bulan. Kasusnya karena handphone tersebut merupakan handphone batangan tanpa charger original dan beberapa barang pendukung lain seperti buku panduan, headset, kartu garansi, dan lain-lain jadi hanya sebatang handphone Xperia X8 saja yang saya beli, otomatis saya harus mencari charger yang cocok untuk handphone tersebut.

Setahu saya semua charger itu sama. Mungkin hanya dayanya saja yang berbeda sehingga jika daya charger non-original lebih kecil daripada charger original, paling-paling handphone akan sedikit lama penuh pada waktu charging. Begitupun sebaliknya.

Pertama-tama setelah membeli Xperia X8, saya meluncur ke salah satu pusat perbelanjaan aksesoris handphone di Ponorogo. Disana tidak saya temui charger original Sony karena katanya sedikit langka barangnya. Bila mau saya harus menunggu beberapa hari untuk dipesankan dan itu pun harganya juga cukup mahal. Kemudian saya berpindah ke toko lain namun hasilnya juga nihil. Lanjut daripada saya tidak dapat apa-apa, akhirnya saya ambil charger Samsung abal-abal yang harganya sekitar 30 ribuan, sekedar biar X8 nya bisa di charge.

Sesampainya dirumah, saya charge X8 tersebut dalam kondisi mati supaya cepat penuh (benak saya). Beberapa jam kemudian saya coba nyalakan, begitu senangnya saya karena handphone nya alhamdulillah normal. Saya bersyukur karena X8 yang saya beli tidak lebih dari 600 ribu tersebut ternyata masih normal dan bagus. Itu merupakan ponsel Android pertama saya (Xperia X8, jual dan beli Xperia X10 Mini, dapet rejeki dan dijual ganti Xperia Mini ST15i sampai sekarang). Hari-hari saya penuh dengan warna-warni. Pada waktu itu Android merupakan barang baru yang belum semua orang memilikinya dan Xperia X8 masih merupakan jawaranya Android kala itu sebelum munculnya Samsung Galaxy Young beserta kawan-kawannya seperti Galaxy Mini dan Galaxy Gio.

Penyebab Dan Solusi Android Mencet Sendiri Ketika di Charge
Cara charging Android yang benar
Hal yang aneh baru saya jumpai ketika beberapa hari kemudian saya beranjak merantau ke Gresik untuk praktek kerja industri 3 bulan di sebuah pabrik pembuat pupuk terbesar se-Asia Tenggara. Mungkin tegangan listrik di daerah sana tidak stabil (pikir saya) sehingga pada waktu di cas, layarnya bergerak-gerak sendiri dan itu sangat menjengkelkan. Selain itu, pada waktu charging, body handphone berubah jadi cepat panas dan waktu charging nya juga amat sangat lama. Bayangkan dalam sekali charging membutuhkan waktu 4 - 6 jam dan itu baterainya juga tidak begitu awet. satu jam untuk internetan, habis.

Kemudian setelah itu disebuah malam minggu dimana sedang tidak ada kegiatan dan memiliki waktu yang lumayan longgar saya sempatkan pergi ke alun-alun kota Gresik nyari charger yang dayanya 1 Ampere biar meledak handphone nya (maksud saya biar cepat charging nya). Saya temui sebuah charger merk china yang dayanya 1,2A. Ya sudah tanpa pikir panjang saya ambil, berharap tegangannya stabil dan tidak lari kesana-kemari pada saat dicas.

Tapi ternyata nihil. Diluar perkiraan saya. Semakin besar daya justru handphone nya semakin cepat panas dan layar masih saja bergerak-gerak. Saya cukup bingung kala itu. Mungkin memang benar charger nya tidak cocok.

Saya pernah men-charge handphone ini memakai charger Sony original milik kakak saya dan itu normal. Waktu charging nya normal (tidak lama), layar normal tidak bergerak dengan sendirinya, handphone tetap adem pada waktu charging.

Mungkin itu merupakan puncak kekecewaan saya ketika beberapa cara dan logika saya coba tanpa membuahkan hasil. Tak lama kemudian, minggu berikutnya saya jual Xperia X8 saya di Gresik, saya tukar dengan Nokia X5 tanpa uang tambah apapun, bahkan saya mendapat Nokia X5 fullset dan masih bagus :)

***

Baik, jadi kesimpulannya ini bukan soal tegangan rumah anda, bukan soal layar anda yang mulai rusak, bukan mengenai baterai yang sudah tidak stabil tegangannya. Penyebab Android mencet sendiri ketika di charge mutlak akibat charger yang tidak cocok dengan handphone yang bersangkutan.

Penyebab Dan Solusi Android Mencet Sendiri Ketika di Charge

Menjawab pertanyaan mas Dan Apabila Esok diatas,

Dan Apabila Esok : "Mas jaluk tulung hp ku xperia tipo singgle.lg ada penyakit nih kadang2 eror mulu kayak lg d cas pake casan cina...kepencet2 sendiri ...padahal gk berat kondisi dah d root.suwun.."

Mungkin mas harus coba pakai charger original untuk Xperia Tipo (Sony). Bisa dicoba pakai charger saudara atau teman anda yang sama-sama memakai Sony. Anggap saja tegangan charger ori dengan charger non-ori berbeda sehingga pada waktu di cas layarnya tidak stabil dan mencet-mencet sendiri. Bukan soal sudah di root atau belum.

Semoga bermanfaat - Penyebab Dan Solusi Android Mencet Sendiri Ketika di Charge

0 komentar:

Popular Post

Powered by Blogger.