Home » » Tutorial Cara Mengganti Kernel Android Dengan Cepat

Tutorial Cara Mengganti Kernel Android Dengan Cepat

Tutorial Cara Mengganti Kernel Android Dengan Cepat - Pada postingan kali ini akan saya bahas cara merubah kernel android dengan mudah, hanya memerlukan waktu lima menit saja atau malah kurang dari lima menit.

Biasanya kita mengganti kernel pada saat kita telah berhasil mengganti custom rom android ke tingkat yang lebih tinggi. Misal dari gingerbread ke jelly bean. Apabila kita tidak mengganti kernel terlebih dulu, sudah bisa dipastikan ponsel akan nge-brick dan solusinya kita harus mem-flash ulang rom android guna memperbaiki android yang bootloop atau brick tadi.

Kali ini yang akan saya singgung mengenai cara ganti kernel tipe ponsel xperia, tepatnya Xperia X10 Mini. Pada xperia kita gunakan software bernama Flashtool (sama seperti pada saat kita mem-flash rom xperia x10 mini pro). Berbeda dengan samsung yang menggunakan software bernama Odin. Alasan mengapa kedua vendor ini memakai software yang berbeda, karena ya memang mereka berbeda mungkin :D Tidak bisa ponsel tipe xperia dipaksa menggunakan Odin dan sebaliknya samsung menggunakan Flashtool.

Langkah-langkah Tutorial Cara Mengganti Kernel Android Dengan Cepat sebagai berikut :

Pertama-tama persiapkan sebuah ponsel android Xperia X10 Mini, software Flashtool, dan kernel khusus untuk Xperia X10 Mini. 

Install dan buka Flashtool. Jangan sampai lupa menginstall drivernya. Sudah tersedia di drive C: di folder Flashtool/drivers/

Flashtool/drivers/

Selanjutnya taruh kernel yang sudah anda miliki ke folder Flashtool/firmwares/

Flashtool/firmwares/
 Pada Flashtool, pilih logo Flash (logo paling kiri gambar petir) dan tekan flash mode. Disana akan terlihat firmware list, apa saja yang sudah anda taruh di folder firmwares tadi.

Daftar Firmware
Cari kernel mana yang hendak anda install di ponsel anda.
Jangan sampai salah menginstall kernel karena bisa berakibat FATAL. Gunakan kernel yang tepat. Misal gingerbread, kernelnya juga harus kernel gingerbread.
Terakhir tekan tombol ok di pojok kanan bawah dan anda sudah siap untuk memulai proses flashing.

Matikan ponsel anda, tekan dan tahan tombol back, sambungkan ponsel ke PC anda. Tunggu hingga proses mencapai 100% dan selamat anda berhasil mengganti kernel android anda :)

Last Steps
Do With Your Own Risk atau Segala Resiko Ditanggung anda Sendiri

*Sebagai catatan, disini saya hanya mengajarkan bagaimana cara flashing kernel android menggunakan Flashtool, jadi target saya adalah orang-orang yang sudah mengikuti berbagai macam tutorial flashing dan sudah memiliki file kernel, flashtool, dan lain-lain tapi masih bingung bagaimana cara menggunakannya sehingga saya juga tidak menyertakan link download dari masing-masing file.

0 komentar:

Popular Post

Powered by Blogger.