Home » » Cara Menjadikan Android Sebagai Modem dan Hotspot

Cara Menjadikan Android Sebagai Modem dan Hotspot

Cara Menjadikan Android Sebagai Modem dan Hotspot | Sudah biasa sekali perangkat handphone/smartphone dijadikan modem sebagai alat yang memancarkan sinyal internet kedalam komputer atau laptop. Dulu saya sering menggunakan handphone N70 sebagai modem. Namun sungguh ribet pas instalasinya.

Dalam berbagai kesempatan, terkadang kita kepepet masalah koneksi internet. Entah kelupaan bawa modem atau tidak adanya tempat yang menyediakan hotspot merupakan beberapa alasan yang umum. Pada akhirnya beberapa orang yang tahu akan hal ini memaksimalkan fitur ponsel andalan mereka menjadi modem. Namun tak semua ponsel juga mempunyai fasilitas itu. Untuk ponsel kelas menengah, yang saya tahu cuma Nokia yang mendukung PC Suite saja yang bisa dijadikan modem (gak ngerti kalau vendor lain) dan tentunya -suatu kebanggaan saya harus bilang- android. #Yeah

Tapi perlu anda garis bawahi bahwa tidak hanya bisa dijadikan sebagai modem internet saja namun kini android juga memiliki fitur Portable Wi-Fi Hotspot. Ya sudah jelas dengan demikian android anda bisa dijadikan server hotspot bisa untuk internetan bareng-bareng (Tersedia untuk android gingerbread 2.3+).

M untuk Modem, H untuk Hotspot
Untuk Menjadikan Android Sebagai Modem dan Hotspot tidak memerlukan berbagai rangkaian instalasi yang rumit. Istilah lain menjadikan android sebagai modem yaitu USB Tethering.

Cara menggunakannya sangat mudah. Pertama tancapkan kabel USB anda dari ponsel ke komputer/laptop. Setelah itu pada ponsel android anda, pilih Settings < Wireless & Networks < Tethering & Portable Hotspot, nanti akan ada dua opsi. Pilih yang paling atas untuk menjadikan android anda sebagai modem (USB Tethering).

Sedangkan untuk mengaktifkan hotspot, pilih opsi yang kedua (Portable Wi-Fi Hotspot). Tapi anda tidak perlu menyambungkan ponsel anda ke dalam komputer lo ya? Jangan lupa untuk mengkonfigurasinya karena apabila status Wi-Fi nya open maka siapa saja bisa masuk tanpa anda ketahui/tanpa ada peringatan/notification. 

Saya sarankan apabila anda menggunakan fasilitas ini, sebisa mungkin berlangganan menggunakan paket internet -kalau bisa- yang unlimited dan diarea yang bisa menangkap jaringan HSDPA. Dijamin anda tidak akan pernah kecewa :)
*Belakangan ini saya lebih sering menjadikan android saya sebagai modem daripada portable hotspot. Alasannya karena Netbook Axioo M1110 PJM, Netbook Murah Kualitas Wah milik saya tidak bisa menangkap sinyal Wi-Fi. Ada masalah dengan WLAN nya. Padahal sudah saya install ulang Windows saya (malah saya buat dualboot win7 dengan Xp), sudah saya update driver terbarunya, sudah saya setting networknya, sudah saya tekan tombol Fn nya, sudah saya coba upgrade BIOS, namun nihil. Permasalahannya "Wireless capability is turned off" dan "The adapter is not connected". Adakah diantara anda yang punya solusi? Apa WLAN Card nya rusak?

0 komentar:

Popular Post

Powered by Blogger.